Melihat perkembangan bisnis online yang semakin menunjukan peningkatan positif, membuat sebagian besar orang bertanya-tanya. Apa prospek bisnis online tahun 2011 masih cukup menjanjikan? Tidak perlu diragukan lagi, bahwa tahun inipun prospek bisnis online masih sangat menjanjikan. Mengingat jumlah pengguna internet setiap harinya semakin bertambah.
Perkembangan jumlah pengguna internet di Indonesia pada pertengahan tahun 200 kurang lebih 18-20 juta user. Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hingga pada tahun 2010 diperoleh data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bahwa pengguna internet sudah mencapai angka 45 juta. Pertumbuhan jumlah pengguna internet di tahun 2011 juga diprediksikan akan mengalami peningkatan yang sangat baik, bahkan para pengamat memprediksikan tahun ini jumlah pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 50 juta orang.
Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis online. Sebab dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka peluang pasar merekapun semakin terbuka lebar. Tak heran jika belakangan ini, banyak orang mencoba peruntungan mereka dengan membuka berbagai peluang bisnis melalui dunia maya.
Sekarang ini, bukan hanya penguasa internet seperti google dan facebook saja yang bersaing melakukan inovasi-inovasi baru untuk meramaikan pasar internet. Para pemula juga mulai bermunculan dengan membawa konsep bisnis yang beragam, untuk membidik sasaran pasar tertentu. Tentu hal tersebut akan mewarnai persaingan bisnis online di tahun 2011 ini.
Beberapa hal yang mendukung perkembangan bisnis online tahun 2011, antara lain sebagai berikut :
Pertama, jumlah pengguna internet yang terus meningkat selama beberapa tahun ini. Hal tersebut menjadi ladang empuk bagi para pelaku bisnis online, sebab semakin banyak orang menggunakan internet artinya pasar dunia maya juga makin terbuka. Hal ini bisa dilihat dari terciptanya pasar potensial di facebook, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna situs jejaring tersebut.
Kedua, daya beli konsumen melalui internet juga mengalami peningkatan. Ini merupakan awal yang sangat baik, karena kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online menjadi modal utama seseorang agar sukses menjalankan bisnis online.
Ketiga, perkembangan teknologi saat ini membuat internet bisa diakses dengan mudah, dan murah. Bahkan kini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat, bukan hanya bisa diakses melalui computer saja. Tapi internet sudah bisa diakses dengan mudah dan cepat melalui ponsel.
Ketiga hal di atas akan sangat mendukung perkembangan bisnis online di tahun 2011. Lalu, bagaimana cara Anda memanfaatkan prospek bisnis yang semakin bagus? berikut kami informasikan tips dan trik yang dapat Anda coba :
- Buat produk atau jasa yang banyak dibutuhkan masyarakat, di tahun 2011. Misalnya saja membuat ebook bisnis, video tutorial, atau memberikan informasi-informasi yang up to date dan banyak dicari masyarakat. Ini menjadi salah satu cara untuk menarik konsumen mengunjungi bisnis online Anda.
- Anda bisa menggunakan fasilitas media online seperti blog, website dan situs jejaring social yang banyak dikunjungi masyaraka sebagai pasar potensial. Banyak orang betah berlama-lama membuka situs jejaring social seperti facebook dan twitter, kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk guna meningkatkan penjualan melalui online. Jika perlu buatlah tampilan blog dan website Anda semenarik mungkin, agar konsumen tertarik untuk berkunjung.
- Bukan hanya bisnis offline saja yang membutuhkan promosi, bagi bisnis online adanya promosi juga sangat penting. Anda bisa mencoba beberapa strategi promosi yang sudah pernah dibahas, pada artikel cara jitu mempromosikan blog.
- Ciptakan peluang bisnis online yang belum ada di tahun sebelumnya. Masih banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan dari bisnis online. Yang terpenting, Anda harus jeli dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Karena kebutuhan mereka, bisa menjadi peluang bisnis baru bagi Anda.
FOKUS - Faktor Utama dan Terpenting untuk Sukses di Bisnis Internet
Oleh: Taufan Sempana
Anda mungkin akhir-akhir ini sering dibikin SHOCK dengan banyaknya berita tentang runtuhnya bisnis dotcom di tengah berkembangnya teknologi internet. Apalagi media masa menyorotnya seolah-olah masa depan internet bisnis tidak cerah lagi.
Jika anda mengikuti berita tentang internet, saat ini ada puluhan juta website yang meramaikan dunia internet, tetapi TIDAK LEBIH dari 5% dari seluruh website tersebut yang MAMPU memperoleh keuntungan dari internet bisnisnya.
Berita baiknya, di dalam 5% yang sukses tersebut ternyata kebanyakan adalah justru internet bisnis perorangan, SOHO (Small Office/Home Office), dan sejenisnya.
Ada SATU faktor PALING UTAMA dan TERPENTING untuk sukses di internet bisnis, tetapi faktor ini justru diabaikan oleh pebisnis besar yang akhirnya mengakibatkan runtuhnya bisnis dotcom mereka. Di lain pihak, satu faktor inilah yang menjadikan internet bisnis perorangan/SOHO sukses masuk di dalam 5% tersebut.
Dan tanpa bermaksud menyombongkan diri, internet bisnis kami, yang akan diceritakan sebentar lagi, telah berhasil berada di dalam kelompok 5% di atas.
Jadi, apakah SATU FAKTOR PALING UTAMA dan TERPENTING itu ?
Hanya 2 kata saja jawabannya, yaitu … NICHE MARKET!
Anda tentunya pernah mendengar kata ini, tetapi mungkin belum menyadari betapa powerfulnya efek yang dihasilkan dari penerapan kata-kata tersebut, karena saya telah merasakannya, dan ingin berbagi dengan anda melalui tulisan ini.
Niche pada pokoknya adalah sebuah kelompok orang/pasar dengan area of interest yang sempit/khusus di tengah pasar yang lebih besar.
Secara mudahnya, niche marketing adalah lawan dari mass marketing. Mass marketing berusaha mencapai seluruh target pasar yang sangat besar tanpa memilih sebuah target khusus. Kegagalan bisnis dotcom biasanya disebabkan oleh ambisinya untuk menyediakan segala sesuatu untuk semua orang.
Sedangkan niche marketing memfokuskan pada produk yang KHUSUS dan TERFOKUS untuk target pasar yang SANGAT SPESIFIK..
Contoh yang nyata dan terdekat adalah internet bisnis saya di www.balitacerdas.com yang menyediakan informasi tentang perkembangan anak usia di bawah 3 tahun (batita) dalam bentuk buku elektronik (ebook) yang berjudul 3 Tahun Pertama yang Menentukan.
Jika anda mengunjungi website www.balitacerdas.com tersebut, anda akan tahu bahwa informasi yang ada adalah sangat spesifik dan terfokus HANYA untuk orang tua yang mempunyai anak batita, dan khusus tentang PERKEMBANGAN anak batita, tanpa membahas masalah penyakit/kesehatannya.
Hasilnya…, website tersebut telah berhasil menjadi mesin pencetak uang saya di internet !
Seperti itulah contoh niche market.
Jika anda pernah mengikuti kursus melalui email eBook Magic! di www.bukuelektronik.com , ada sebuah contoh cerita tentang produk untuk niche market di dalam seorang pegawai perusahaan jual/beli mobil bekas yang tidak disadari oleh orang tersebut.
Contoh ilustrasinya, jika anda adalah seekor ikan kecil di kolam yang besar, hampir pasti anda akan dimakan oleh ikan yang lebih besar. Tetapi, jika anda adalah seekor ikan besar di kolam kecil, hidup anda akan jauh lebih nyaman, tanpa takut ada ikan yang lebih besar di kolam tersebut.
Jadi, untuk sukses di internet bisnis, pikirkanlah tentang niche market. Pikirkanlah untuk menjadi ikan besar di dalam kolam kecil.
Sumber :
http://bisnisukm.com/prospek-bisnis-online-tahun-2011.html
http://peluang-bisnis-baru.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar